Playstation 5 diumumkan, ini Spesifikasinya

Playstation 5 dan Playstation 5 Digital diumumkan pada tanggal 11 Juni 2020

Usai mengalami beberapa kali pemunduran waktu, pada akhirnya Sony telah mengumumkan Playstation 5 pada tanggal 11 Juni 2020 lalu. Playstation 5 sendiri didesign agar bisa berdiri secara vertical, design ini bisa dikatakan bahwa mereka memiliki kemiripan konsep dengan kompetitor utamanya, yaitu Xbox Series X. Sony juga mengumumkan bahwa mereka akan mengeluarkan 2 tipe Playstation 5, yaitu Playstation 5 dan Playstation 5 Digital. Secara gambar, perbedaan kedua Playstation tersebut sudah terlihat dari tidak adanya pembaca Blu-Ray, jadi bisa dikatakan bahwa PS5 Digital Edition adalah PS yang ditargetkan kepada orang-orang yang suka membeli game versi digital, bukan fisik. Tentu, dengan tidak ada fitur Blu-Ray drive, harga PS5 Digital akan lebih murah daripada PS5 biasa.

Sony juga telah memberitahukan sedikit spesifikasi yang dipakai dalam sistemnya tersebut, AMD Zen 2 CPU dipilih Sony untuk menjadi prosessor untuk menjalankan Playstation 5. Graphic Card yang mereka pakai juga keluaran dari AMD, yaitu custom RDNA 2-Based GPU. Kartu grafis yang dipakai ini dikabarkan memiliki kecepatan yang sangat cepat, dan mampu memainkan game beresolusi 4K dengan 120Hz.

Playstation 5 diumumkan dapat memainkan game-game dari PS4. Tentu, hal ini akan memberi performa yang lebih baik daripada PS4. Dengan memainkan game PS4 di PS5, pengguna tentu akan mendapatkan frame rates yang lebih stabil dan memungkinkan untuk dimainkan di resolusi yang lebih tinggi. Jadi, tidak perlu khawatir lagi untuk mengalami FPS Drop/lag saat bermain.

Sony juga memperlengkap mesin gamingnya tersebut dengan SSD yang berkapasitas sebesar 825GB dengan kecepatan 5.5GB/s. Tentu, dengan SSD ini PS5 akan berjalan dengan sangat cepat, terutama saat loading in-game.

Playstation DualSense Controller

Tidak ketinggalan juga, Controller yang dirilis bersamaan dengan PS5 juga memiliki fitur yang sangat canggih. Controller yang bernamakan DualSense Controller tersebut dilengkapi dengan adaptive triggers, haptic feedback, dan create button baru yang dimana pengguna akan dimudahkan dalam membagi pengalaman mereka saat bermain.

Sampai saat ini, Sony baru saja mengumumkan spesfikasi Playstation 5 seperti yang telah dijelaskan diatas. Sementara untuk performa asli yang dikeluarkan oleh console tersebut masih belum dipublikasikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *