Nvidia Serie RTX 3000 Akan Segera Hadir, Beli GPU sekarang atau nanti?

Pada bulan lalu, tepatnya di tanggal 15 Mei 2020, Nvidia melalui akun Youtube Official-nya telah mempublikasikan kartu grafis baru mereka yang disebut dengan Ampere. Bukan hanya memperkenalkan prosesor kartu grafis mereka, Nvidia juga memberitahukan bahwa mereka memliki peningkatan performa pada fitur DLSS serta RTX, yang dimana performa pada fitur tersebut dapat meningkat hingga 2 kali banyaknya. Nvidia Turing yang akan dipakai di Serie 3000 juga akan mendapatkan peningkatan performance yang sangat besar. Bahkan, banyak rumor mengatakan bahwa kartu ini dapat melampaui 50% lebih baik dari pada generasi sebelumnya, yaitu serie 2000.

Design RTX3000 yang bocor ke Publik, memperlihatkan Nvidia menggunakan satu kipas di setiap sisinya.

Sampai saat ini, gambar dari RTX 3000 sudah mulai bocor ke publik. Terlihat bahwa kali ini Nvidia menggunakan design yang sangat berbeda dari kartu grafis pendahulu-pendahulunya. Kali ini, Nvidia menerapkan fan yang terletak di setiap sisinya, bukan hanya di satu sisi saja. Dikabarkan juga bahwa serie 3000 ini juga memiliki power consumption/TDP yang cukup besar, yaitu RTX 3080 akan memakai 320W, berbeda dengan pendahulunya yang hanya menghabiskan 250W saja.

Bila melihat performa kartu grafis yang dimiliki oleh Nvidia(2000) saat ini, bisa dikatakan bahwa game sudah sangat ringan, dikarenakan hampir semua game sudah dapat dimainkan dengan FPS yang melebihi 60FPS. Tentu, dengan frame sebanyak itu, game-game yang dikeluarkan pada tahun ini dan selanjutnya sudah dapat dimainkan dengan sangat halus.

Tidak perlu dipungkiri bahwa RTX 3000 ditargetkan kepada orang-orang yang ini FPS yang sangat besar pada fitur ray tracing. Dikabarkan, performa Ray-Tracing yang akan dimiliki oleh RTX 3000 akan memiliki kecepatan 4 kali daripada RTX 2000.

Nvidia Serie 3000 dikabarkan akan rilis pada bulan agustus tahun 2020, apabila pandemic covid-19 sudah mereda dan kartu grafis yang pertama kali dirilis adalah RTX 3080. Diprediksi juga harga yang akan mereka label pada kartu terbarunya ini tidak akan jauh berbeda dengan harga RTX 2000.

Konklusi: Dengan performa Ray Tracing yang dapat mencapai 4 kali dari serie sebelumnya dan harga yang mirip, bisa dikatakan bahwa menunggu serie 3000 akan sangat worth it. Terlebih lagi, game-game pada masa kini mulai menggunakan fitur ray tracing. Walau begitu, bagi anda yang tidak memetingkan fitur ray-tracing, serie rtx 2000 sudah akan sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan gaming pada saat ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *